2 Macam Jenis Sistem Pada Solar Water Heater

0
116
views
sumber: google.co.id

Dikala ini telah banyak sekali yang memilih untuk menerapkan solar water heater. Hal ini karena pengaplikasian solar water heater dirasa lebih bermanfaat dan juga lebih hemat. Sumber daya yang diaplikasikan untuk mengubah air dingin menjadi air panas yaitu sumber daya sang surya. Dimana sumber daya hal yang demikian dapat Anda manfaatkan dengan leluasa tanpa mesti mengeluarkan biaya dan jumlahnya yang juga tak terbatas.

Melainkan ternyata banyak orang yang masih tak mengenal bahwa pemanas air daya surya memiliki bermacam-macam variasi variasi. Macam dari pemanas hal yang demikian menurut kinerja atau sistem kerjanya. Berikut yaitu beberapa variasi dari pemanas air daya sang surya.

Inilah dua variasi variasi solar water heater

1.            Metode aktif

Macam yang pertama yaitu sistem aktif dimana sumber daya yang diaplikasikan yaitu panas cahaya sang surya. Metode ini menerapkan bantuan dari daya listrik untuk dapat mendistribusikan air dingin dan juga air panas. Listrik hal yang demikian akan menggerakkan pompa dimana air dingin dapat berpindah untuk dipanaskan dan air panas akan berpindah untuk disimpan pada tangki.

Biasanya sistem ini diaplikasikan untuk keperluan air panas yang lebih besar dan banyak. Misalnya untuk keperluan di hotel, rumah sakit, spa, villa dan lain sebagainya. Itulah kenapa bagian pada solar water heater Jakarta ini lebih rumit diperbandingkan yang diaplikasikan di rumah.

Dikarenakan keperluan air hangatnya cukup banyak, karenanya sistem aktif ini juga menerapkan ukuran tangki penyimpanan air panas yang lebih besar. Dalam kata lain, pengaplikasian pemanas air daya solar ini dapat diaplikasikan kapan saja dan layak dengan keperluan.

2.            Metode pasif

Macam yang selanjutnya yaitu sistem pasif dimana sistem ini menerapkan daya sang surya sebagai segala sumber energinya untuk memanaskan air. Dikarenakan 100% memanfaatkan daya sang surya, karenanya kendala yang dialami juga karena elemen cuaca.

Misalnya seperti langit yang mendung atau hujan. Metode ini menerapkan dua variasi bagian, yaitu tangki penyimpanan dan juga panel kolektor. Kedua panel hal yang demikian akan secara langsung terhubung dengan dua pipa.

Pada panel kolektor akan ada penutup kaca yang bermanfaat untuk meresap daya panas sang surya. Meskipun untuk bagian tangki penyimpanannya bermanfaat menyimpan air yang telah dipanaskan dan menjaganya agar panas lebih lama.

Pemanas air daya sang surya dengan sistem pasif akan bekerja dengan sistem menangkap panas sang surya dan mengalikan panas melewati pipa ke pipa tembaga yang akan mengubah air menjadi air panas. Supaya dapat mendapatkan daya panas yang cukup banyak, karenanya tingkat kemiringan dari panel kolektor mesti benar-benar diperhatikan. Kecuali itu menghadap ke mana panel hal yang demikian juga dapat menetapkan seberapa banyak cahaya sang surya yang diresapi.

 artikel mengenai variasi solar water heater yang mungkin dapat Anda gunakan.

Sumber: intisolarbandung.com