4 Penyebab Freon AC Cassette Panasonic Inverter Bocor

0
35
views
sumber: google.co.id

Freon AC cassette Panasonic inverter sesudah dipasang dapat saja bocor, tentu situasi ini betul-betul mengganggu. Penyebab Freon bocor dapat terjadi sebab tidak dipasang dengan sistem yang benar dan ideal. Dan biasaya keadaan sulit Freon AC bocor ini dipengaruhi oleh 4 penyebab utama, yang mungkin kerap dialami di rumah tangga, berikut penjelasannya.
Beberapa penyebab freon AC cassette Panasonic inverter bocor

  1. Pipa instalasi tidak tersambung sempurna
    Penyebab pertama kita lihat di sini dari segi pemasangan sambungan pipa instalasi. Jika dipasang dengan sistem yang tidak ideal, tidak sempurna contohnya baut yang dipasang tidak kuat diputar, maka dari celah baut inilah spot bocor Freon. Hal seperti ini juga dapat terjadi apabila tidak dilas dengan sempurna saat pipa instalasi disambung. Karena Freon dalam format gas jadi apabila ada celah sekecil apa malahan, Freon ini dapat keluar atau bocor. Jadi, lakukan pemasangan pipa dengan baik, benar dan sempurna. Jangan ceroboh tetapi lakukan secara hati-hati supaya hasil didapatkan maksimal atau dapat meminta bantuan kontraktor AC.
  2. Terjadi karatan pada pipa instalasi
    Jika pipa diaplikasikan dalam waktu yang betul-betul lama tentu saja korosi akan muncul. Apalagi apabila diaplikasikan pipa yang bermutu rendah, sebab sedangkan pipa tembaga telah dipilih yang bermutu betul-betul tinggi dan betul-betul mahal tetap ada batasan waktu pengaplikasiannya. Apalagi pipa difungsikan untuk sirkulasi gas sehingga dalam waktu yang lama akan menipis dan berkarat akibatnya mengakibatkan freon bocor. Jika karatan masih terjadi di komponen kecil sebaiknya tidak dibolehkan begitu saja supaya tidak menyebar ke komponen yang lain.
  3. Keretakan atau pecahnya flaring pipa
    Pipa instalasi disambungkan dan dipasangkan dengan baut sehingga memerlukan flaring supaya baut yang diaplikasikan dapat menyambung dengan sempurna. Tapi hasil flaring ini tidak seluruh sempurna, ada yang retak atau pecah contohnya saat baut diputar lebih cepat. Jadi lakukan dengan hati-hati, perlahan-perlahan dan jangan ceroboh. Terapkan kelengkapan yang lengkap dan bermutu selebihnya dapat ditanyakan di warung AC.
  4. Bocor di komponen kondensor dan evaporator
    Umumnya kedua komponen ini diaplikasikan yang berbahan aluminium sehingga apabila telah lama pengaplikasian akan terjadi korosi. Jadi betul-betul penting mengaplikasikan yang bendung korosi atau anti karat. Jika telah terjadi karatan maka kerusakan selanjutnya betul-betul mudah terjadi. Kecuali itu, apabila dipasang evaporator yang tidak pantas dengan ragam freon, juga dapat membuat freon bocor.
    Memang komponen unit indoor dan outdoor AC dapat diaplikasikan sedangkan merek tidak sama. Tapi yang penting diperhatikan yakni penyesuaian dengan kapasitas, ragam dan ragam freon yang diaplikasikan. Mengenai freon apabila tidak tahu, silakan tanyakan pada distributor AC saat memilih AC.
    Inilah 4 penyebab bocornya freon AC cassette Panasonic inverter, sehingga sesudah membaca tulisan ini hindari sebisa mungkin keempat penyebab hal yang demikian.

Sumber: acwahana.com