Apa Saja Hal Yang Perlu Dipertanyakan Saat Beli Solar Water Heater

0
152
views
sumber: google.co.id

Hal yang perlu ditanyakan saat beli solar water heater patut dikenal oleh masyarakat yang hendak mengaplikasikan unit ini untuk kepentingan pribadi atau komersial. Pemanas air bertenaga sang surya menjadi sangat melejit dan sukses mengungguli pemanas air daya listrik atau gas. Hal ini dikarenakan penggunaannya lebih hemat daya, lebih tepat sasaran dan efisien. Terlebih bagi para masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis. Ketersediaan sinar sang surya di Indonesia sangat melimpah.
Daftar Hal Yang Perlu Ditanyakan Saat Belu Solar Water Heater
Saat ini kian banyak masyarakat yang lebih tertarik mengaplikasikan pemanas air daya sang surya dibanding dengan jenis pemanas lainnya. hal ini tentu saja berbanding lurus dengan kian banyaknya distributor yang berlomba untuk menyediakan produk pemanas air bertenaga surya terbaik. Tapi, di tengah-tengah ramainya penawaran pemanas air daya surya oleh beraneka sales atau distributor, kenal dahulu sebagian hal yang patut ditanyakan atau dipastikan sebelum membeli seperti berikut.
• Perhitungan besaran kapasitas cocok kebutuhan
Utarakan besaran air panas yang diperlukan dalam sehari kemudian mintalah pihak distributor untuk menghitung kapasitas tangki yang pas untuk diaplikasikan. Jangan sampai membeli unit pemanas dengan tangki yang tak cocok ukuran kapasitasnya. Distributor yang erkualitas akan dengan mudah menghitungkan untuk konsumennya.
• Harga sudah termasuk pemasangan atau belum
Cari tahu pula apakah harga yang ditawarkan sudah diakumulasikan dengan biaya pemasangan pemanas air daya sang surya atau belum. Hal ini sangat penting untuk memperhitungkan sempurna biaya yang diperlukan.
• Pastikan jenis panel kolektor
Unit pemanas air daya sang surya memiliki sebagian komponen penting yang mempengarui daya kerjanya. Salah satu komponen penting merupakan panel kolektor. Untuk itu, pastikan jenis panel kolektor yang diaplikasikan oleh unit pemanas apakah jenis tube atau flat. Kemudian tanyakan berapakah rata-rata suhu yang dapat dijadikan.
• Sistem kerja
Berikutnya, pastikan cara kerja yang ada pada solar water heater. Terdapat dua jenis cara yang diaplikasikan pada pemanas air daya atahari merupakan cara indirect dan cara direct. Mintalah salesmen untuk menjelaskan masing-masing cara kerja hal yang demikian berserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan semacam itu, calon konsumen dapat menentukan skor negative dan positif atas pengaplikasian cara kerja yang akan diaplikasikan.
• Informasi lokasi
Mintalah pihak distributor untuk mengerjakan informasi lapangan lokasi agar dapat mentetahui secara detail mengenai hal yang terkait dengan instalasi pemanas air daya sang surya.
• Berat pemanas air daya sang surya
Mintalah kabar pula mengenai massa atau berat unit pemanas air daya sang surya. hal ini akan terkait erat kepada lokasi atau pas dimana mesin, tangki dan panel akan diletakkan.
• Lama garansi
Pastikan unit pemanas air daya sang surya mendapat garansi dan mintalah kabar seputar komponen apa saja yang masuk ke dalam garansi.
Jangan mudah percaya dengan penawaran sales yang belum tentu memiliki pengetahuan detail seputar produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang perlu ditanyakan saat beli solar water heater di atas patut benar-benar dipandang. Apalagi untuk para calon konsumen yang masih lazim dengan pemanas air daya surya.

 

Sumber: intisolar.com