Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari Sendiri

0
309
views
sumber: google.co.id

Sistem membikin pemanas air daya sang surya sendiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Keperluan air panas ketika ini semakin meningkat termasuk bagi masyarakat umum. Secara konvensional, pemenuhan air panas dilakukan dengan merebus air hingga mendidih lalu menggunakannya. Melainkan ketika ini pemenuhan keperluan air panas dapat dilakukan dengan menggunakan pemanas air daya solar atau sang surya.
Sistem Membuat Pemanas Air Kekuatan Surya Sendiri
Mandi dengan air hangat dapat membikin tubuh terasa rileks setelah seharian beraktifitas. Sistem yang paling mudah dalam merasakan kucuran air hangat yaitu dengan pemanas air daya surya. Melainkan agar lebih hemat mesin pemanas air dapat diciptakan sendiri di rumah. Sistem membuatnya malah mudah dan cukup ekonomis.
Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan
Untuk membikin pemanas air daya sang surya sendiri di rumah, beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:
• 20 buah penyambung pipa T
• 8 batang pipa yang terbuat dari tembaga atau alumunium berukuran 0,3 inchi
• 4 buah knee
• 3 karung sekam padi atau ijuk
• 1 helai seng
• 1 buah kran dari bahan tembaga
• 1 buah drum plastic ukuran 175 liter
• 1 buah drum plastic dengan ukuran lebih dari yang atas
• 1 kaleng cat minyak berwarna hitam doff
• 1 unit mesin las alumunium atau tembaga
Langkah-langkah Pembuatan
Setelah beberapa alat dan bahan di atas telah dipersiapkan, selanjutnya yaitu masuk ke tingkatan-tingkatan pembuatan. Berikut ini yaitu beberapa langkah pembuatan solar water heater.
1. Membuat pemanas air dasar
Langkah pertama yaitu dengan membikin pemanas air dasar. Pembuatan alat pemanas air sederhana dilakukan dengan pembuatan heat collector dan termos. Heat collector dapat diciptakan dengan beberapa pipa yang dirangkai atau disambung sedemikian rupa. Fungsi dari heat collector yaitu sebagai zona memanaskan air. Untuk komponen thermos yaitu sebagai penampung air panas. Dapat disimpukan cara kerja kedua komponen ini yaitu air dialirkan dari tangki penampung kemudian akan lewat heat collector perlahan. Jadi, temperatur panasnya akan terjaga. Air yang telah panas hal yang demikian lalu dikumpulkan ke dalam thermos.
2. Membuat heat collector
Selanjutnya yaitu membikin heat collector. Bagian ini diciptakan dari susunan beberapa pipa dari tembaga atau alumunium yang diciptakan satu. Sesuaikan ukuran heat collector dengan zona atas atap rumah yang diciptakan sebagai daerah meletakkan heat collector. Perlu dikenal bahwa semakin besar ukuran heat collector semakin besar pula kapasitas air yang dapat dipanaskan. kemudian warnai heat collector yang telah jadi dengan cat minyak warna doff untuk memaksimalkan peresapan panas.
Dengan melaksanakan beberapa cara membikin pemanas air daya sang surya sendiri di atas, kepemilikan pemanas air bertenaga surya pasti menjadi jauh lebih mudah. Biaya pembuatan malah menjadi jauh lebih ekonomis dibandingi menggunakan pemanas air dari distributor.

 

Sumber: intisolar.com