Kategorisasi Pemanas Air Tenaga Surya Aktif dan Pasif

0
499
views
sumber: google.co.id

Pemanas air kian lama menjadi kian tenar bagi masyarakat terutama di Indonesia terutama di rumah-rumah pribadi. Mandi atau berendam dengan air hangat bisa membikin tubuh menjadi kian rileks. Sirkulasi darah juga akan kian lancar. Inilah salah satu alasan kenapa banyak masyarakat yang menerapkan pemanas air pada hunian mereka.
Kategorisasi pemanas air energi surya aktif
Di negara-negara tropis termasuk Indonesia, penerapan pemanas air dengan memanfaatkan daya sang surya yakni yang pas. Penerapan cahaya sang surya sebagai sumber daya pemanasan dievaluasi lebih tepat sasaran dan efisien. Cahaya sang surya yakni sumberdaya alam terbaharui yang melimpah di negara tropis. Pemasangannya dan perawatannya juga lebih hemat tarif dan hemat daya.
Pada pemanas air energi sang surya, bagian intinya yakni tangki penyimpanan dan kolektor sebagai penyerap cahaya sang surya. Terdapat sebagian kelompok pemanas air energi sang surya antara lain cara aktif dan cara pasif. Diawali dari kategorisasi cara aktif mempunyai sebagian sitem aplikasi sebagai berikut:
1. Drainback
Kelompok cara pada pemanas air energi sang surya yang pertama yakni drainback. Pada cara ini, pemanas air memakai air yang sudah engalami cara kerja penyulingan sebagai cairan transfer daya panas. Pada cara ini, pemanas juga memakai tangki drainback yang diterapkan secara terpisah. Cairan yang diaplikasikan sebagai perantara pada cara ini tak gampang membeku sehingga betul-betul ideal dipakai di Wilayah yang mempunyai musim dingin ekstrim sekalipun.
2. Tak lantas
Metode yang dipakai pada pemanas air energi solar yang berikutnya yakni cara tak lantas. Hampir sama dengan drainback, pada cara ini enegri panas tak memanaskan air secara lantas lalu mengalirkannya pada pengguna. Pada cara ini kolektor cahaya sang surya akan menghantarkan panas pada cairan yang bertigas untuk menghantarkan panas yang antibeku. Air akan mengambil daya panas dari cairan antibeku dengan tanpa tercampur lalu air yang sudah bersuhu panas dipompa ke tangki penyimpanan.
3. Lantas
Ada cara tidak lantas, ada pula cara lantas. Pada kelompok cara ini tidaklah memakai cairan perantara. Tetapi air akan mengahmpiri kolektor secara lantas kemudian mengalir ke tangki penyimpanan dengan bantuan pompa dan kontroler.
Kelompok pemanas air energi surya pasif
Padahal untuk kelompok cara solar water heater pasif cuma terdapat dua macam kategorisasi, antara lain:
1. Thermosyphon
Metode kerja pada kelompok yang satu ini memakai tangki air yang terpisah dengan kolektor surya. Pada cara ini terdapat air dingin akan mengalir via tabung kolektor serta konveksi natural akan sanggup memompa air panas yang kemudian siap diaplikasikan.
2. Batch
Padahal untuk kelompok yang kedua yakni batch. Batch yakni kelompok cara yang paling simpel. Pada cara ini dipakai satu atau lebih tangki air yang dirangkai di dalam kolektor yang meresap cahaya sang surya. Air yang sudah bersuhu tinggi akan termpompa ke atas sebab gaya gravitasi dan prinsip konveksi kemudian akan terdorong menuju tangki dan kesudahannya bisa dialirkan ke pipa pengguna.
Demikianlah info komplit mengenai kategorisasi dalam kategorisasi pemanas air energi surya yang bisa diwujudkan pertimbangan dalam pemilihannya.

 

Sumber: intisolar.com