Keuntungan dan Kerugian Memasang Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

0
364
views
sumber: google.co.id

Memasang pemanas air tenaga surya menjadi produk opsi yang tepat untuk menjawab keperluan akan air panas. Dulu hanya hotel atau penginapan elit yang menyediakan sarana air panas yang dapat dikucurkan lantas dari keran. Namun seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat dapat meikmati air panas di rumah. Hal ini terwujud karena kemunculan mesin pemanas air. Ragam pemanas air yang lebih tepat sasaran dan betul-betul recommende untuk digunakan merupakan pamasna ri bertenaga surya.
Profit Memasang Pemanas Air Energi Mutu di Rumah
Pemanas air bertenaga sang surya lebih diketahui dengan nama kerennya sebagai solar water heater. Berikut ini merupakan daftar profit mengaplikasikan pemanas bertenaga cahaya sang surya.
– Hemat tenaga
Keunggulan pemanas air bertenaga sang surya yang paling utama dan pertama merupakan hemat tenaga. Seperti yang diketahui bahwa cahaya sang surya merupakan sumber tenaga alam yang terbarukan. Tak seperti tenaga listrik dan gas yang bila digunakan secara terus menerus akan habis. Karena pemanas ini mengaplikasikan cahaya sang surya untuk sumber dayanya, karenanya biaya bulanan listrik ataupun gas tidak akan membengkak.
– Lebih aman
Pemanas air tenaga sang surya juga jauh lebih aman bila dibandingi dengan pemanas tenaga listrik atau gas. Konsleting pada pemanas ini betul-betul minim terjadi. Berbeda dengan pemanas yang mengaplikasikan sumber listrik atau gas yang lebih rawan terjadi konsleting. Kalau tidak lantas diketahui dan diperbaiki, konsleting yang terjadi dapat menyebabkan cidera atau malah kematian.
– Lebih ramah lingkungan
Pemanas air bertenaga solar tidak mewujudkan gas karbondioksida atau polutan negative lainnya. Hal ini dikarenakan cahaya sang surya merupakan bahan natural yang menjadi suplai dayanya. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang mewujudkan asap, gas CO2 hingga polutan beracun yang berpengaruh negative bagi manusia dana lam sekitar.
– Masa pakainya lama
Masa pakai pemanas air tenaga surya juga lebih lama bila dibandingi dengan pemanas air tenaga listrik atau gas. Pada lazimnya, pemanas ini mampu bertahan 7 hingga 15 tahun. Kuncinya merupakan melaksanakan perawatan dan koreksi secara rutin.
Kerugian Mengaplikasikan Pemanas Air Energi Mutu di Rumah
Di samping kelebihan, pemanas air bertenaga surya juga memiliki beberapa kerugian, antara lain:
– Maka suhu betul-betul tergantung pada cuaca
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas jadi pemanas air bertenaga surya tentu mengaplikasikan cahaya sang surya untuk sumber dayanya. Tak dari itu, kualitas suhu akan betul-betul bertumpu pada cuaca.
– Tak dapat diletakkan di sembarang daerah
Kerugian pengaplikasian pemanas air tenaga solar yang selanjutnya merupakan tidak dapat diletakkan di sembarang daerah. Telah pemanas ini lebih-lebih kabel kolektor patut diletakkan di atas atap dan patut terkena cahaya sang surya lantas tanpa penghalang.
Namun sewajarnya sebuah produk atau temuan selalu memiliki poin plus dan minus masing-masing. Seperti halnya profit dan kerugian memasang pemanas air tenaga surya yang dijelaskan di atas. Namun bila ditelaah, profit pemanas ini jaub lebih banyak dibanding kerugiannya. Jadi, pasti semakin banyak diantara Anda yang mempercayakan keperluan air panas pada pemanas air bertenaga surya.

 

Sumber: intisolar.com