Mengintip Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Solar Yang Unik

0
95
views
sumber: google.co.id

Pemanas air kekuatan solar merupakan salah satu alat yang dapat menolong untuk menerima air panas dengan lebih mudah. Energi utama yang digunakan oleh sistem ini merupakan dari panas sang surya. Dalam kata lain Anda dapat menerima air panas sebab bantuan panas sang surya. Rupanya inilah juga yang membuat banyak orang beratensi untuk menggunakan pemanas jenis ini.
Mengintip Sistem Kerja Pemanas Air Energi Solar Yang Unik
Sebagian orang mungkin merasa heran bagaimana pembuatan pemanas air tersebut. Akan tapi sebelum mengetahui hal tersebut, penting mengetahui bagaimana sistem kerjanya. Sebetulnya sistem kerja dari pemanas air kekuatan solar ini cukup simpel. Air akan dipanaskan menggunakan radiasi sang surya. Di dalam kerangka pipa akan diletakkan plat aluminium. Plat aluminium tersebut akan ditutupi menggunakan kaca baur.
Pada komponen tersebut banyak juga yang menamakannya dengan kolektor. Layak dengan namanya, karenanya kegunaan atau fungsi dari kolektor tersebut akan mengumpulkan panas sang surya. Panas sang surya yang tertangkap pada kolektor solar water heater akan terjebak dan tak dapat keluar. Selanjutnya suhu panas pada kolektor akan naik sampai 50 sampai 60 derajat celcius.
Air yang sudah dipanaskan kemudian akan naik ke dalam tangki. Air tersebut akan naik lewat katup atau pipa sejajar ke dalam tangki. Sesudah air panas sudah naik karenanya air dingin akan turun untuk dipanaskan kembali. Sistem ini akan berlangsung selama beberapa kali atau terus menerus. Sekiranya Anda mau membuatnya karenanya butuh beberapa bahan seperti:

  • Pipa header
  • Pipa pengumpul
  • Fluida kerja air
  • Pelapis penyerap dari car hitam pudar
  • Pipa fluida
  • Plat penyerap dari aluminium
  • Paking karet
  • Kaca temperlite
  • Kotak baja lunak dan penyerap
    Akan tapi semua bahan tersebut sesekali cukup repot untuk Anda temukan sendiri. Jadi lebih bagus Anda membeli pemanas air kekuatan sang surya saja yang lebih praktis dan segera Anda gunakan. Dalam pemasangannya panel kolektor harus dipasang dengan tingkat kemiringan sekitar 20 sampai 25 derajat. Selain itu dari arahnya sendiri juga harus menghadap arah terbitnya sang surya. Tujuannya supaya kolektor dapat menyerap panas sang surya dengan lebih maksimal.
    Selain itu untuk penempatan dari tangkinya merupakan harus lebih tinggi dibandingi dengan kolektor. Tujuannya supaya air dapat bergerak dengan bagus pantas dengan peredarannya. Namun ketika Anda baru pertama kali untuk menggunakan tangkinya, karenanya udara di dalamnya harus dibuang terutama dulu.
    Caranya dengan mengalirkan air pada ruang pipa kolektor dan tangki sampai penuh. Penggunaan pemanas air kekuatan solar ini harus di atur supaya air dingin selalu masuk. Rupanya ini supaya volume dari air yang masuk dapat sama dengan volume air yang dikeluarkan.
    Sekiranya sistem kerja pemanas air kekuatan solar ini cukup mudah sebab menggunakan sistem tekanan air panas yang masuk ke dalam tangki. Sekiranya mengharapkan pemanas air yang bagus karenanya dapat menggunakan produk dari Intisolar.

Sumber: intisolar.com