5 Wisata Religi di Tasikmalaya Dari Masjid Hingga Ziarah Makam

0
146
views
sumber: google.co.id

Liburan religi di Tasikmalaya mungkin bukan tujuan utama bagi seluruh orang ketika tamasya ke Tasikmalaya, tetapi daerah-daerah hal yang demikian menjadi amat populer memasuki Idul Fitri. Uniknya lagi yang berkunjung ke sana bukan cuma warga Tasikmalaya tapi para peziarah yang datang berkelompok dari bermacam kota di sekitarnya.
5 Daerah tamasya religi di Tasikmalaya populer

  1. Ziarah Pamijahan
    Dari arah selatan sentra kota kurang lebih berjarak 65 Km kita akan menemukan Desa Pamijahan di mana terdapat Makam Syekh Abdul Muhyi. Beliau adalah salah satu ulama paling populer di Jawa Barat yang berjasa dalam menyajikan agama Islam.
    Tak jauh dari makam ulama Syekh Abdul Muhyi, kita dapat menemukan makam sebagian tokoh lainnya termasuk makam Sembah Dalem Sacaparana, makam Sembah Kudrot dan lainnya. Daerah ini hampir senantiasa dipenuhi dengan peziarah tiap-tiap harinya.
  2. Makam Syekh Abdul Ghorib
    Liburan ziarah di Tasikmalaya selanjutnya yaitu mengunjungi Makam Syekh Abdul Ghorib. Kalau berencana menemukan makam ini, karenanya kita seharusnya via Kampung Cibeas Desa Gunung Tandala terutama dulu. Sebab makamnya cuma berjarak 350 mter ke utara dari kampung hal yang demikian.
  3. Mesjid Agung Manonjaya
    Sebagai daerah ibadah, Mesjid Agung Manonjaya rupanya masuk dalam komponen cagar kultur dengan skor histori tertentu. Mesjid ini amat tersohor dan hampir senantiasa diketahui oleh seluruh warga Tasikmalaya.
    Mesjid ini secara tak lantas menjadi saksi bisu dari pertumbuhan dan perkembangan agama Islam di Tasikmalaya. Progres pembangunannya diperintahkan oleh Bupati R. Angadipa II tahun 1832 atas bantuan Patih Raden Tumenggung Danuningrat sebagai perancang arsitektur bangunannya.
    Sampai kini Mesjid Agung Manonjaya masih menjadi daerah penting dan dilindungi oleh pemerintah dan undang-undang. Format arsitekturnya tak banyak berubah masih mempertahankan desain masa lampau.
  4. Makam Eyang Prabudilaya
    Zona tamasya religi Tasik berikutnya kembali ke daerah yang acap kali dikunjungi para peziarah di Indonesia. Berada di Situ Gede, daerah ini termasuk daerah ziarah paling unggulan warga Tasikmalaya. Sebab sesudah menjalankan ziarah, pengunjung bisa merasakan panorama unik yang tersaji di sana. Mengingat letak persis dari Makam Eyang Prabudilaya sendiri berada di tengah-tengah pulau.
  5. Mesjid Agung Kota Tasikmalaya
    Daerah terakhir yang juga seharusnya dikunjungi selama tamasya religi di Tasik yaitu mesjid megah ini. Mesjid ini memiliki 5 buah atap yang bermakna sebagai 5 keharusan utama umat muslim. Kecuali itu, Mesjid Agung Kota Tasikmalaya juga mempunyai menara dengan 3 komponen yang konon menginterpretasikan tiga sifat muslim di antaranya ihsan, Islam dan iman.
    Itulah daerah-daerah tamasya religi di Tasikmalaya yang dapat dikunjungi. Daerah-daerah hal yang demikian mempunyai skor sejarah dan kebudayaan yang erat dengan Tasikmalaya secara khusus dengan perkembangan ajaran Islam di sana. Meski termasuk daerah unggulan yang banyak pengunjungnya, daerah tamasya religi dirawat dengan bagus sehingga nyaman untuk para pendatang.

Sumber: hariliburnasional.com