Hari Libur Agustus 2021

0
55
views
sumber: google.co.id

Menjelang pertengahan tahun, Indonesia mempersiapkan diri untuk merayakan hari kemerdekaan yang jatuh pada hari libur Agustus 2021 per tanggal 17. Kecuali hari raya kemerdekaan, bulan Agustus juga diisi dengan pelbagai peringatan penting versi nasional. Simak penjelasan hari peringatannya berikut.
Daftar hari libur Agustus 2021
• 5 Agustus (Hari Dharma Wanita Nasional)
Dharma Wanita yakni organisasi atau perhimpunan yang menjadi daerah para istri ASN melakukan pelbagai aktivitas positif. Dharma Wanita sudah disusun sejak sangat lama tepatnya pada 5 Agustus 1974.
Misi dibentuknya Dharma Wanita kecuali sebagai wadah bersosialisasi dan memperkenalkan aspirasi tak lain untuk mendorong tugas suami sebagai ASN. Sebab dibalik suami yang hebat dan sukses senantiasa ada peran penting dari seorang istri.
• 10 Agustus (Tahun Baru Hijriyah)
Yakni Tahun Baru Islam yang juga menjadi hari libur nasional RI. Tahukah Anda jika kecuali merayakan tahun baru, terdapat peristiwa bersejarah yang terjadi pada 1 Muharam? Yakni peringatan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.
Uniknya, tanggal 10 Agustus 2021 jatuh pada hari selasa yang satu pekan setelahnya yakni Hari Kemerdekaan RI.
• 10 Agustus (Hari Mantan Nasional)
Sebelum merayakan hari libur 2021, Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Silakan Anda peringati terpenting dahulu Hari Mantan Nasional. Peringatan ini sengaja dijalankan demi mengenang dan menghargai jasa para pejuang NKRI.
Mantan yakni seseorang yang berpengalaman di bidang militer entah itu kepolisian maupun tentara. Para pahlawan yang gugur ketika membela negara juga diatur sebagai Mantan Nasional Indonesia.
• 10 Agustus (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional)
Hakteknas yakni hari bersejarah nasional yang secara tak lantas mengukuhkan Indonesia sebagai negara melek teknologi. Peringatan 10 Agustus tak bisa disebut sebagai libur kalender 2021 sebab tak diatur oleh pemerintah.
Padahal demikian, peristiwa yang terjadi pada 10 Agustus 1995 sangat sangat berkesan. Sehingga tak berlebihan jika pemerintah menetapkannya sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.
• 17 Agustus (Hari Kemerdekaan)
Dan di pertengahan Agustus, setelah menerima Hari Libur Tahun Baru Hijriyah. Anda memperoleh libur panjang 2021 selanjutnya pada 17 Agustus. Siapa yang tak mengetahui Hari Kemerdekaan RI? Sebab di hari inilah, Indonesia sukses melepaskan penjajahan dan menjadi negara yang bebas dan berdaulat.
Perayaan Hari Kemerdekaan diperingati besar-besaran di pelbagai kota di tanah air. Pemerintah juga mendatangkan PASKIBRAKA untuk mengibarkan dan menurunkan bendera ketika upacara berlangsung.
• 21 Agustus (Hari Maritim Nasional)
Pasca empat hari setelah Kemerdekaan RI, pemerintah mengukuhkan 21 Agustus sebagai Hari Maritim Nasional. Pada dasarnya, sejarah kemaritiman negeri kita sudah ada sejak abad ke-9. Bedanya, dahulu maritim dipegang dan dikelola oleh kerajaan.
Itulah informasi sederhana mengenai hari-hari peringatan penting yang dirayakan pada Agustus 2021. Juga informasi penting tentang hari libur nasional, semoga menghibur Anda yang berkeinginan menerima banyak tanggal merah di 2021.

Sumber: hariliburnasional.com