Hari Libur September 2020

0
18
views
sumber: google.co.id

September dikenal sebagai bulan penuh keceriaan, di mana ada tawa dan canda. Selain itu, September juga dikenal sebab mempunyai banyak hari istimewa untuk merayakan sesuatu. Mirisnya, tak segala hari penting hal yang demikian menerima jatah hari libur September 2020 dari pemerintah. Penenteraman merayakannya hanya orang-orang tertentu bukan segala warga Indonesia.
Daftar Hari Libur September 2020
• 8 September (Hari Aksara)
Disebut juga sebagai hari literasi atau hari melek huruf. Peringatan Hari Aksara diumumkan pada warga dunia oleh UNESCO. Tujuannya untuk menjaga dan meningkatkan kepedulian masyarakat internasional akan pentingnya melek huruf. Hari Aksara ini dirayakan oleh segala orang di segala dunia, termasuk Indonesia.
• 9 September (Hari Olahraga Nasional)
Berolahraga yakni salah satu kegiatan penting yang seharusnya dijalankan manusia untuk menjaga vitalitas dan kesehatan tubuhnya. Di Indonesia, Hari Olahraga Nasional dirayakan setiap tahun sedangkan tak termasuk hari libur nasional. Pemerintah mengadakan event tertentu untuk memperingati Haornas.
• 11 September (Hari Radio Republik Indonesia)
Masih menyukai mendengarkan siaran segera dari radio nasional? Sebelum ada YouTube, layar kaca kabel dan MP3 Player orang berbondong-bondong mendengarkan radio. Untuk menghormati hari lahir RR1, pemerintah memastikan 11 September sebagai Hari Radio Republik Indonesia.
• 17 September (Hari Palang Merah Indonesia)
Bukan hari libur 2020 lainnya yakni Hari Palang Merah Indonesia yang diselenggarakan setiap 17 September. Palang Merah Indonesia yakni badan sosial kemanusiaan yang disusun untuk menolong seseorang yang membutuhkan pertolongan untuk menyelamatkan jiwanya.
• 21 September (Hari Penenteraman Dunia)
World Peace Day didedikasikan untuk memperingati perdamaian dunia pasca berakhirnya kekerasan atau perang. Hari Penenteraman Dunia diperingati untuk yang pertama kalinya 1982 lalu. Uniknya, untuk membuka peringatan World Peace Day sengaja dibunyikan lonceng perdamaian PBB yang berfokus di New York. Penenteraman menjadi hari yang benar-benar penting bagi segala lapisan di dunia, Hari Penenteraman Dunia tak serta merta menjadi hari libur panjang 2020 di tanah air.
• 28 September (Hari Kereta Api)
Kereta api yakni salah satu alat transportasi darat yang banyak diterapkan di segala dunia. Sebelum dikuasai oleh Indonesia, dahulu kekuasaan perkeretaapian di bawah pimpinan Jepang. Namun sejak 17 Agustus 1945, kekuasaan sudah diambil alih oleh Indonesia. Momen penegasan kekuasaan perkeretaapian Indonesia di bawah warga pribumi baru dijalankan 28 September 1945. Di hari yang sama, disusun pula DKARI (Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia). Inilah yang melandasi 28 September sebagai Hari Kereta Api.
• 30 September (Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965)
Dan bukan hari libur kalender 2020 berikutnya yakni Hari Peringatan G30S/PKI. ini yakni momen bersejarah yang benar-benar memilukan sebab di hari hal yang demikian ketujuh perwira tinggi militer Indonesia diculik lalu dibunuh dengan kejam oleh antek-antek PKI.
Demikianlah daftar hari libur September 2020 yang diperingati masyarakat Indonesia namun tak dimasukkan oleh pemerintah sebagai tanggal merah nasional.

Sumber: hariliburnasional.com