Rencana Liburan Religi Unik ke 4 Masjid Berbentuk Perahu

0
97
views
sumber: google.co.id

Mesjid perahu yang akan dibahas ini berada di 4 lokasi di Indonesia. Dari namanya saja, mesjid ini dikenal berbeda dengan bangunan mesjid pada biasanya. Kecuali untuk tamasya religi, mesjid ini bisa diabadikan dengan foto-foto agar legal telah pernah ke mesjid ini. Penasaran dengan mesjid perahu tersebut? Berikut penjelasannya.
Inilah Mesjid Perahu unik di Indonesia

  1. Mesjid Al-Munada Darussalam
    Mesjid yang unik ini juga dikenal dengan nama Mesjid Perahu Casablanca yang bisa ditemukan di kota Jakarta. Tapi perlu dikenal juga bahwa tidak gampang untuk bisa tiba di mesjid ini sebab lokasi mesjid ada di gang sempit Casablanca di Jakarta Selatan.
    Obyek tamasya religi ini unik bukan saja dari segi fisiknya, pengunjung bisa menemukan hal-hal antik ketika berkunjung. Bangunan seperti kapal dimanfaatkan sebagai daerah wudhu bagi yang mau shalat. Kecuali itu bentuk kerucut dari atap pada menara mesjid bersusun tiga tertutup kayu sidrap.
    Juga ada pedang yang diletakkan bersilang di atap mesjid tersebut. Juga terdapat Al-Quran raksasa di mesjid ini. Bagian tiang dalam mesjid yang materialnya mengaplikasikan kayu jati dengan ukiran artikel ayat Al-Quran. Kecuali itu juga ada batu akik di dalam mesjid ini.
  2. Mesjid Al-Hikmah di Sukabumi
    Mesjid ini dikenal juga dengan nama Al-Hikmah memang sengaja dibuat bentuk perahu yang dicetus oleh KH Abdul Aziz. Bagian dasar mesjid dihiasi oleh kolam seluas 100 meter persegi sehingga rasanya kapal tersebut berada di permukaan air laut. Juga dihias oleh jangkar di komponen kiri dan kanan kapal. Pengunjung bisa menemukan mesjid Al-Hikmah ini di desa Sukamanah, Sukabumi. Kabarnya pencetus mesjid ini memang suka kendaraan berupa kapal laut. Bangunan mesjid juga dimanfaatkan sebagai pesantren bagi buah hati yatim piatu.
  3. Mesjid Baitul Hamdi di Cibarusah
    Mesjid yang hakekatnya lebih layak disebut mushalla sebab ukurannya yang kecil. Tapi masyarakat Bekasi menyebut bangunan ini sebagai mesjid Perahu. Nama lain dari bangunan religi ini merupakan Baitul Hamdi yang memiliki persamaan dengan mesjid perahu Casablanca di Jakarta Selatan. Wujud atap bangunan ini bertingkat atau bersusun tiga yang juga dihias oleh pedang letak bersilang. Di komponen puncak atap bertuliskan lafadz Allah. Kecuali itu, di komponen belakang mesjid terdapat sebagian makam yang banyak dikunjungi para penziarah.
  4. Mesjid Perahu Cimahi
    Pionir mesjid ini bernama Budianto yang dulunya merupakan eks nahkoda kapal Kerinci. Kecuali itu beliau juga pernah menjadi nahkoda kapal Tampomas II dan Kampuna sekitar tahun 2002 dan beliau menceritakan mau membangun mesjid. Mesjid ini dibangun oleh keluarga beliau setelah beliau wafat dimana yang diambil sebagai arsitektur mesjid ini merupakan putra beliau sendiri yang bernama Testa Radenta. Testa sendiri terinspirasi bangunan mesjid dari kapal kerinci yang dulunya pernah dinahkodai oleh ayahnya itu.
    Sekian artikel mengenai 4 mesjid perahu yang ada di Indonesia yang bisa dikunjungi sebagai obyek tamasya religi. Selamat berkunjung.

Sumber: hariliburnasional.com