Taman Nasional Danau Sentarum, Pesona Hutan Mengambang yang Harus Anda Jelajahi

0
191
views
sumber: google.co.id

Taman Nasional Danau Sentarum ialah sebuah daerah tamasya yang terdapat di jantung Borneo dan menjadi jantung tamasya bagi Kalimantan Barat. Tepatnya Taman Nasional Danau Sentarum berada di kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Wilayah Danau Sentarum yang juga ialah rumit danau – danau yang terdiri dari sekitar 20 buah danau besar kecil yang juga diatur sebagai taman nasional semenjak tahun 1999.
Taman Nasional Danau Sentarum mempunyai luas sebesar 132 ribu hektar dan berada 700 km di timur laut kota Pontianak. Daerah ini terdiri atas 89 ribu hektar hutan rawa tergenang yang juga sering kali disebut orang sebagai hutan mengambang. Berminat menyaksikan bagaimana pesona hutan mengambang di Taman Nasional Danau Sentarum?
Energi Tarik Taman Nasional Danau Sentarum
Danau Sentarum memang sebuah daerah tamasya yang berbeda dengan kebanyakan danau yang lain sebab Danau Sentarum ialah tempat hamparan banjir. Lokasinya berada di tengah – tengah jajaran pegunungan menghasilkan wilayah ini sebagai tempat tangkapan hujan terbaik. Di musim penghujan, Danau Sentarum akan terendam air imbas aliran air dari pegunungan di sekelilingnya dan juga imbas aliran air dari Sungai Kapuas yang termasuk ke dalam sungai terpanjang di Indonesia. Selama 9 hingga dengan 10 bulan dalam setahun, wilayah danau ini terendam hingga 6 – 14 meter.
Sekiranya Anda datang kesini dan berkeinginan belajar lebih banyak seputar Taman Nasional Danau Sentarum, Anda dapat dapatkan sebuah lab penelitian di Bukit Tekenang. Di sekitar taman nasional sendiri sekitar 6 km dari tempat Lanjak, Anda juga dapat dapatkan Rumah Betang tradisional atau rumah panjang tradisional Dayak. Disana terdapat susunan landscape yang menarik sehingga sungguh-sungguh pantas menjadi daerah mengabadikan moment Anda.
Danau Sentarum sesungguhnya ialah sebuah danau yang terwujud pada zaman es atau pada jangka waktu pleistosen dan mempunyai kekayaan flora dan fauna yang luar umum serta tidak dapat ditemukan di tempat lain. Disini Anda akan dapatkan tumbuhan kurang lebih sebanyak 510 spesies dan terdapat 33 spesies diantaranya endemik Taman Nasional Danau Sentarum, termasuk 10 spesies diantaranya ialah spesies baru.
Anda akan dapat mendapati binatang mamalia sebanyak 141 spesies. Sekitar 29 spesies diantaranya yakni spesies endemik, kemudian sekitar 64 persen binatang mamalia itu endemik Borneo. Terdapat 266 spesies ikan dan sekitar 78 persen ialah ikan endemik air tawar Borneo. Ketika ini wilayah Taman Nasional Danau Sentarum tercatat sebagai salah satu habitat ikan tawar paling komplit di dunia. Anda akan dapatkan tumbuhan – tumbuhan mengambang diatas danau yang dapat memberikan kekuatan tarik lain dari danau ini.
Mengenai ikan yang bernilai ekonomis dan menjadi ikan yang juga dikonsumsi oleh warga di Taman Nasional Danau Sentarum seperti ikan gabus, ikan toman, ikan baung, dan masih banyak lagi. Banyak warga yang juga memancing di danau ini. Di wilayah ini tercatat paling tak terdapat 120 macam ikan dan terdapat sebagian macam spesies yang cuma dimiliki oleh Danau Sentarum atau dapat diistilahkan tak bisa ditemukan di belahan dunia yang lain.
Anda yang datang ke Kalimantan Barat, salah satu daerah tamasya yang disarankan untuk Anda kunjungi yakni Taman Nasional Danau Sentarum. Dapatkan banyak pengalaman menarik dan berharga di daerah tamasya ini.

 

Sumber: hariliburnasional.com