Resep Ayam Bakar Pedas Manis Asin Favorit Keluarga

0
1686
views
sumber: google.co.id

Resep ayam bakar adalah salah satu resep kuliner yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia termasuk mungkin salah satunya adalah keluarga Anda. Hampir senantiasa di tiap acara ada saja resep kuliner yang memakai olahan daging ayam sebagai salah satu menu makanan yang disajikan. Tentunya, Andapun tak berharap keok dengan ikut serta menyiapkan menu ayam sebagai menu keluarga. Salah satu jenis kuliner ayam yang paling digemari adalah ayam bakar. Kali ini, kiat memasak menghadirkan resep kuliner dengan olahan ayam yang dibumbui dengan bumbu spesial pedas manis asin. Seperti apa metode membuatnya? Berikut ini ulasannya.
Bahan-bahan:
Selalu sebelum memulai memasak Anda sepatutnya telah terpenting dulu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan ini termasuk bahan utama serta bahan lain yang dipakai sebagai bumbu. Berikut ini bahan pembuatan ayam bakar ini diulas secara urut mulai dari bahan utama hingga bahan bumbu yang dipakai untuk mengolesi ayam hal yang demikian. Bahan-bahan yang dipakai adalah sebagai berikut:
1. Ayam berukuran sedang 1 ekor
2. Daun salam 3 lembar
3. Kecap manis 6 sdm atau lebih sedikit, tergantung pantas dengan selera
4. Air asam jawa 2 sdm
5. Air 300 ml
6. Bawang merah 5 siung
7. Bawang putih 4 siung
8. Cabe merah 8 biji atau pantas selera
9. Cabe rawit 10 biji atau pantas selera
10. Ketumbar ½ sdt
11. Kunyit, jahe, lengkuas, masing-masing 1 ruas jari
12. Garam secukupnya
13. Gula secukupnya
Sistem Membuat Resep Ayam Bakar Pedas Manis Asin
Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memotong daging ayam utuh menjadi beberapa bagian. Kemudian dicuci bersih dan sebaiknya bagian kulit dan lemak dihilangkan. Lalu letakkan potongan daging ayam ke dalam sebuah loyang atau wadah. Langkah selanjutnya adalah membikin bumbu ayam bakar kecap yang akan dipakai untuk melumuri potongan daging ayam hal yang demikian. Bagaimanakah metode membikin bumbu ini?
Seperti yang telah dilihat sebelumnya, masukkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ketumbar, jahe, kunyit, dan lengkuas, beserta garam dan gula ke dalam ulekan. Lalu, tumbuklah samua bahan hal yang demikian menjadi satu hingga lembut. Sistem ini mungkin memakan waktu yang sedikit lebih lama ketimbang menghaluskan bumbu dengan memakai alat blender. Akan tapi hasil bumbu yang diperoleh menjadi jauh lebih enak dan lebih nendang. Kemudian, langkah selanjutnya dalam membikin resep ayam bakar adalah dengan melumuri potongan ayam tadi dengan bumbu halus ini.
Ingatlah dikala Anda melumuri ayam dengan bumbu, sebelumnya Anda telah mengiris sedikit bagian-bagian daging agar bumbu meresap ke dalam daging. Oleskan segala bumbu ke segala zona daging ayam dan biarkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu dapat meresap secara lebih sempurna. Resep ayam bakar pedas manis menjadi lebih spesial dikala Anda memasukkan daun salam ke dalam wajan. Sistem memasak ayam ini adalah dengan merebus ayam hal yang demikian beserta dengan bumbu tadi dan air ke dalam wajan panas hingga air surut dengan sendirinya.
Kemudian sesudah ayam menjadi sedikit matang, angkat dan tiriskan sejenak. Selama itu Anda dapat mempersiapkan alat pembakaran dengan bara api panas. Kemudian taruhlah ayam di atas alat pembakaran hal yang demikian sambil diolesi kembali dengan sisa bumbu yang telah diciptakan tadi. Kemudian bolak-balik beberapa kali hingga segala zona terbakar. Inilah metode gampang membikin resep ayam bakar lezat nan gurih yang dapat Anda coba di rumah.

 

Sumber: masakannusantara.xyz