Resep Kue Basah Lumpur Pandan Enak Dan Lembut

0
1401
views
sumber: google.co.id

Siapa sih yang tidak tahu kue lumpur? Anda pasti telah mengetahuinya. Mau membuatnya sendiri di rumah? Yuk simak resep kue lumpur pandan disini. Manis lumpur adalah salah satu tipe kue berair yang banyak disukai orang, baik si kecil-si kecil maupun orang dewasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kue berair yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Manis lumpur sendiri bisa didapatkan di pasar-pasar yang menjual aneka jajanan tradisional. Melainkan bagi anda yang berkeinginan mencoba membuatnya sendiri di rumah, anda bisa menyimak sistem membuatnya disini.
Umumnya, kue lumpur itu dijadikan dengan kentang. Melainkan disini kami berikan resep kue lumpur tanpa wajib menggunakan kentang. Meski demikian itu, kue lumpur yang dijadikan tentu akan tetap lembut dan sedap. Kecuali itu, disini juga kita menggunakan pasta pandan sehingga kue lumpur akan wangi dan lezat. Segera saja, berikut resep kue berair lumpur pandan untuk anda.
Bahan yang Dibutuhkan
• Tepung terigu 100 g
• Kuning telor ayam 9 butir
• Putih telor ayam 5 butir
• Mentega 50 g
• Tepung maizena 50 g
• Santan kelapa 650 ml, dari parutan 1 buah kelapa
• Daun pandan 5 lembar, simpulkan
• Bubuk vanili 1 sdt
• Baking powder ½ sdt
• Gula pasir 100 g
• Garam secukupnya
Metode Membikin Manis Berair Lumpur Pandan
1. Untuk membuat kue berair ini, langkah pertama adalah merebus santan kelapa bersama daun pandan dan mentega. Tambahkan garam secukupnya. Rebus sampai mendidih sambil terus diaduk agar santannya tidak pecah. Setelah mendidih, angkat dan diamkan sebagian saat agar sedikit dingin.
2. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, bubuk vanili dan juga gula pasir ke dalam rebusan tadi lalu aduk sampai adonan tercampur rata dan sisihkan. Anda bisa menambahkan gula pasir kalau dirasa kurang manis.
3. Kocok segala telor menggunakan mixer dalam wadah terpisah. Setelah itu masukkan telor ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai segala telor habis dan adonan tercampur rata. Tambahkan juga baking powder dan aduk sampai rata.
4. Panaskan cetakan kue lumpur sambil diolesi dengan mentega agar nantinya tidak lengket.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai ¾ dari tinggi cetakan saja sebab nanti akan mengembang. Anda bisa menambahkan topping pantas selera kalau diharapkan. Setelah cetakan penuh, tutup rapat cetakan dan biarkan sampai adonan matang. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai segala adonan habis.
6. Manis lumpur pandan siap disajikan.
Demikianlah review perihal resep kue berair sekalian sistem membuat kue lumpur pandan yang sedap dan lembut. Manis lumpur ini bisa disajikan di pagi hari bersama teh hangat. Sekian dan selamat mencoba

 

Sumber: masakannusantara.xyz