Fungsi Seragam Sekolah dan Alasan Mengapa Harus Mengenakannya

0
215
views
sumber: google.co.id

Selain mengenakan seragam, para siswa juga harus tahu apa fungsi seragam sekolah secara keseluruhan. Kebanyakan sekolah di tiap negara akan menerapkan seragam sekolah secara khusus. Tetapi berhubungan dengan hal itu, Anda juga harus tahu apa saja fungsi dan alasan mengapa si kecil sekolah harus berseragam.
Inilah fungsi seragam sekolah secara biasa

  1. Sebagai Pembeda dari Setiap Tahapan
    Salah satu fungsi utama dari seragam ialah untuk membedakan tingkatan sekolahnya masing-masing. Pantas dengan namanya ialah seragam yang artinya satu variasi, maknanya ialah tiap tingkatan harus mempunyai pembeda dan diseragamkan.
    Tak cuma seragam sekolah, namun banyak juga institusi yang menerapkan seragam. Seumpama seragam kantor, seragam di suatu perusahaan, profesi tertentu, dan sebagainya.
  2. Sebagai Pembentuk Identitas
    Masih berhubungan dengan nilai yang pertama dalam hal membedakan tingkatan, fungsi seragam ialah menjadi pembentuk identitas. Sehingga cuma dari seragamnya saja orang-orang dapat mengetahui dan mengetahui seragam yang dikenakan. Manfaat fungsi seragam sekolah ini dapat menjadi identitas yang penting bagi sekolah.
    Identitas ini memang harus berada di dalam satu elemen yang sama semisal perusahaan, sekolah, dan sebagainya.
  3. Menyusun Sikap Profesionalisme
    Fungsi lainnya dari seragam sekolah ialah untuk menyusun sikap profesionalisme. ini berhubungan erat dengan sikap disiplin atau kedisiplinan di sebuah sekolah. Dengan mengenakan seragam sekolah maka Anda akan lebih paham mengenai sikap profesional dari status pelajar.
    Seragam juga akan membikin Anda mengetahui di mana posisinya sebagai siswa dan apa yang harus dijalankan. Seragam juga akan membikin tiap orang menjunjung tinggi sikap profesionalisme, dan menghindari hal-hal yang dapat membikin malu sekolah.
  4. Membikin Siswa Menjadi Lebih Disiplin
    Kedisiplinan tak dapat dibuat dengan langkah/ metode yang gampang. Dibutuhkan ketegasan dalam membikin sikap disiplin ini terlaksana, yang dapat dilatih dengan penerapan seragam sekolah hal yang demikian.
    Anda bahkan akan lebih disiplin sebab sudah terbiasa menerapkan aksesoris/elemen pada seragam. Seumpama ikat pinggang, model bajunya, kaus kaki, topi, sepatu, dan lain sebagainya.
  5. Menghindarkan Kesenjangan Sosial Sebab Sifatnya Menyatukan
    Fungsi seragam sekolah hakekatnya ialah dapat menghindarkan kesenjangan sosial yang ada di sekolah. Bayangkan bagi si kecil yang ekonominya rendah mencari ilmu dengan siswa lain yang ekonominya tinggi. Karenanya dari gaya dan metode berpakaiannya bahkan akan kelihatan kesenjangan sosial.
    Itulah salah satu fungsi dari penerapan seragam sekolah ini, yang cakap menyatukan tiap siswa yang berasal dari semua kalangan. itu juga akan menjadi satu kesatuan namun tak ada perbedaan sama sekali. Sehingga tiap siswa di sekolah dapat berteman dengan siapa bahkan tanpa ada elemen kesenjangan sama sekali.
    Itulah sejumlah fungsi seragam sekolah yang harus Anda ketahui sebagai seorang siswa, dan pentingnya menerapkan seragam sekolah bagi para siswa.

Sumber: henryadams.co.id