SUDAH PADA TAU PERBEDAAN SISTEM VRV DENGAN VRF PADA AC DAIKIN

Banyak dari anda secara khusus orang lazim yang mau mencoba metode VRV/VRF ataupun kontraktor sedang membangun proyek gedung pasti pernah keder dengan singkatan hal yang demikian. Sebagian dari anda pasti pernah keder hakekatnya VRV/VRF apakah sama atau sebaliknya beda. Dalam blog ini, kami akan membahas perbedaan antara metode VRV dan VRF.

Nah, yang membedakan antara VRV dengan VRF terdapat pada singkatannya. VRV yakni singkatan dari Variable Refrigerant Volume meski VRF yakni singkatan dari Variable Refrigerant Flow. Singkatan VRV timbul sebab perusahaan AC asal Jepang, Daikin, merancang dan mengoptimalkan metode VRF, dan kemudian mematenkannya dengan nama VRV. padahal Daikin mempunyai nama yang berbeda dari Brand lain seperti LG, Samsung, dan sebagainya, tetapi secara fungsi masih konsisten sama.

Sejarah VRV Daikin
Metode VRV (Variable Refrigerant Volume) dioptimalkan oleh Daikin pada tahun 1982 sebagai temuan dalam metode pendinginan udara. VRV menjadi merek dagang Daikin untuk metode VRF (Variable Refrigerant Flow). Metode ini merubah industri HVAC dengan pengontrolan pendinginan yang lebih fleksibel dan efisien. Pemakaian pipa refrigeran yang lebih kecil menggantikan saluran udara besar, dan teknologi inverter menolong memaksimalkan efisiensi kekuatan. Semenjak itu, metode VRV/VRF sudah diterapkan secara luas dalam proyek gedung komersial, perkantoran, hunian, dan hotel.

Klik tautan dibawah untuk memperhatikan lebih terperinci metode VRV/VRF :
https://acwahana.com/hvac/vrv-vrf-ac-system

Apa itu metode VRV atau VRF ?
Metode VRV/VRF yakni metode ac yang dirancang untuk diterapkan secara komersial ataupun secara residential. Tak awam, metode VRV/VRF mirip dengan metode multi-split yang mengaitkan satu unit outdoor dengan banyak unit indoor dengan kapasitas PK yang bervariasi. Keunikan dari metode VRV/VRF berlokasi pada kesanggupannya untuk membatasi aliran refrigeran ke tiap-tiap evaporator dalam ruangan menurut permintaan. Menurut ini dimungkinkan berkat penerapan katup modulasi pulsa (PMV) yang dikontrol oleh mikroprosesor dan sensor thermistor yang terpasang di tiap-tiap unit dalam ruangan.

Apa bedanya VRV dan VRF?
Pengendalian ada perbedaan dari metode AC VRV dan VRF, istilah VRV di populerkan oleh merk AC Daikin dan istilah VRF diterapkan oleh merk AC lainnya. VRV (Variable Refrigerant Volume) dan VRF (Variable Refrigerant Flow) yakni metode pendinginan udara yang menerapkan satu unit outdoor untuk mendinginkan banyak unti indoor sekalian. Ditambah dengan kesanggupannya untuk menyalurkan udara dingin dengan yang jarak betul-betul jauh secara vertikal ataupun horizontal.

Suhu Sistem Sistem dan Volume Refrigeran
Metode VRV : Dalam metode VRV (Variable Refrigerant Volume), kontrol temperatur dikontrol oleh satu unit pengatur sentra (central controller). Metode ini menerapkan satu unit outdoor (outdoor unit) yang terhubung dengan sebagian unit indoor (indoor unit) via pipa refrigeran. Unit indoor dapat berupa AC cassette, AC split dinding, atau tipe unit lainnya. Jika, penting untuk dicatat bahwa kendali temperatur dan volume refrigeran dikerjakan secara kolektif di segala area yang terhubung ke satu unit outdoor.
Sistem pengontrolan pada metode VRV
Tiap-tiap sebagian ruangan dikaitkan ke satu unit outdoor, karenanya temperatur di segala ruangan akan dikontrol beriringan via unit pengatur sentra. Jadi, jikalau Anda mau membatasi temperatur berbeda di tiap-tiap ruangan, hal ini mungkin tak dapat dikerjakan
dengan metode VRV.

Metode VRF : Dalam metode VRF (Variable Refrigerant Flow), tiap-tiap area mempunyai kontrol temperatur dan volume refrigeran yang terpisah. Artinya, tiap-tiap unit indoor dalam metode VRF bisa membatasi temperatur secara independen tanpa tergantung pada unit lainnya. Jika unit indoor bisa beroperasi layak permintaan dan membatasi temperatur layak keperluan di tiap-tiap ruangan.
Sistem pengontrolan pada metode VRF
Tiap-tiap Anda mempunyai sebagian ruangan dengan unit indoor yang terhubung ke satu unit outdoor, Anda bisa membatasi temperatur yang berbeda di tiap-tiap ruangan secara independen via kontrol masing-masing unit indoor. Sesuai, Anda bisa mempunyai temperatur yang berbeda di kamar tidur, ruang tetamu, atau ruang rapat.

Suhu Skala Proyek yang Sistem
Metode VRV : Metode VRV biasanya lebih sesuai untuk proyek dengan skala kecil sampai menengah. Ini sebab dalam proyek dengan jumlah area yang terbatas, penguasaan temperatur bersama-sama tak menjadi keadaan sulit. Metode VRV betul-betul efisien dalam proyek yang mempunyai sebagian ruangan yang membutuhkan pengontrolan temperatur serupa.

Berikut figur Project pemasangan AC VRV Daikin Kami pada PT SORA KONEKSINDO INDONESIA :
https://acwahana.com/projects/terperinci/pt-sora-koneksindo-indonesia

Metode VRF : Metode VRF lebih sesuai untuk proyek dengan skala besar dan rumit. Kelebihan utama dari VRF yakni kesanggupannya untuk membatasi temperatur independen di tiap-tiap area, yang betul-betul berkhasiat saat proyek mempunyai banyak ruangan atau area dengan keperluan temperatur yang berbeda-beda.

Suhu Efisiensi Sistem
Kedua metode VRV dan VRF diklaim mempunyai efisiensi kekuatan yang tinggi. Jika, metode VRF acap kali dianggap lebih unggul dalam hal efisiensi kekuatan sebab kesanggupannya untuk mengendalikan temperatur secara independen di tiap-tiap area. Ini memungkinkan penerapan tenaga yang lebih efisien dan penghematan kekuatan yang signifikan.

Brand
VRV yakni merek dagang Daikin, yang mengacu pada metode VRF yang dioptimalkan oleh Daikin. Metode VRV dipatenkan dan dilindungi oleh Daikin, sehingga mungkin lebih susah ditemukan atau diakses di pasar tertentu dibandingi dengan istilah VRF yang lebih awam diterapkan dan bisa mengacu pada metode serupa dari produsen lain.

Apa Sistem dari VRV/VRF ?
Salah satu keunggulan metode VRV/VRF yakni peningkatan efisiensi refrigeran yang memungkinkannya berprofesi sampai jarak 165 meter, mendinginkan gedung dengan 30 lantai atau tinggi 90 meter secara vertikal, dengan sempurna panjang pipa sampai 1.000 meter. Dengan kesanggupan metode VRV/VRF, unit outdoor bisa dipasang di beragam lokasi, seperti atap atau di luar bangunan. Metode VRV/VRF bisa mengelola sampai 64 unit indoor dengan cuma 1 unit outdoor, menghemat ruang di atap dan di segala bangunan, serta mengurangi panas yang dipancarkan ke lingkungan sekitar.

Klik tautan dibawah untuk memperhatikan kelebihan AC VRV/VRF :
https://acwahana.com/news/terperinci/pengertian-dan-kelebihan-metode-kerja-ac-vrv-atau-vrf

Metode VRV/VRF memberikan kesanggupan penguasaan yang lebih bagus, di mana tiap-tiap unit di tiap-tiap ruangan bisa dipegang secara individual. Anda bisa dengan gampang membatasi temperatur dan menghidupkan/mematikan unit AC di zona tertentu layak keperluan. Metode ini juga dilengkapi dengan fitur timer yang bisa dikontrol per jam, harian, mingguan, malah tahunan.

Sistem lain dari metode VRV/VRF yakni hemat kekuatan, berkat penerapan teknologi inverter yang mencegah pendinginan berlebihan di dalam ruangan. Elektronik itu, metode ini mempunyai tingkat kebisingan yang rendah. Dengan banyaknya unit indoor yang terpasang, Anda cuma perlu menerapkan satu unit outdoor, yang tentu saja menghemat ruang dan tarif instalasi jikalau dibandingi dengan pemasangan AC Split pada jumlah yang sama.

Untuk dan bantuan lebih lanjut dapat hubungi kami di WA, atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top